Menu

Tak Butuh Budget Banyak, Yuk Intip Tips Membeli Mobil Dp 5 Juta

0 Comments

 

Banyak orang yang memilih untuk membeli mobil dengan sistem kredit dibandingkan dengan tunai. Pasalnya membayar dengan sistem kredit bisa dicicil setiap bulannya sehingga jauh lebih enteng. Selain itu anda juga bisa langsung mengendarai mobil meskipun belum membayar secara lunas. Sekarang ini banyak sekali penawaran mobil DP 5 juta yang lebih meringankan. Namun sebelum anda membeli mobil dengan DP 5 juta, ada baiknya mengikuti tips berikut.

 

Tips Cerdas Membeli Mobil Dengan DP 5 Juta

 

1. Perhatikan Kebutuhan

 

Jika anda ingin membeli mobil, maka ada baiknya untuk memperhatikan keperluan sehari hari. Apabila belum terlalu mendesak, maka ada baiknya untuk menunda membeli mobil terlebih dahulu. Apalagi bagi anda yang sudah berkeluarga, maka penting kiranya untuk memperhatikan kebutuhan pangan, papan, sandang dan pendidikan anak. Sementara untuk para pekerja juga belum membutuhkan mobil sebagai kebutuhan mendesak.

 

2. Menyiapkan Uang Muka

 

Setelah anda yakin jika mobil adalah kebutuhan, maka anda harus menyiapkan uang untuk membelinya. Anda juga harus memiliki uang muka dalam jumlah yang cukup sehingga tidak akan merepotkan nantinya. Artinya anda harus menabung terlebih dahulu sampai uang anda benar benar terkumpul. Namun sekarang banyak sekali penawaran mobil DP 5 juta yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memiliki mobil.

 

Jika anda tertarik, maka ada baiknya mempertimbangkan cicilan setiap bulannya meskipun memiliki DP yang murah. Jangan sampai anda merasa kesulitan untuk membayar cicilan setiap bulannya. Perhatikan pula jangka waktu pembayaran agar bisa memperkirakan pembayaran dengan tepat waktu. Usahakan pula untuk membayar cicilan dengan tepat waktu sehingga anda tidak mendapatkan akibat buruk kedepannya.

 

3. Membeli Mobil dengan Kisaran 150 Juta

 

Dengan penghasilan di bawah 5 juta sebulan, artinya pilihan mobil yang anda beli sangatlah terbatas. Anda hanya bisa membeli mobil dengan kisaran harga mentok 150 juta saja. Mobil dengan harga ini sudah bisa dikatakan tipe mobil yang murah. Anda bisa membeli mobil Daihatsu, Toyota Agya, Honda Brio ataupun Suzuki yang dipatok kurang dari 150 juta. Anda bisa memilih mobil DP 5 juta sehingga mendapatkan mobil yang sesuai dengan kantong.

 

4. Jangan Memiliki Cicilan Lain yang Membebankan

 

Agar angsuran mobil bisa terbayarkan dengan lancar dan tidak membebani keuangan, maka sebaiknya jangan memiliki tanggungan yang lain. Misalnya jika anda memiliki gaji hanya 5 juta, dan 2 juta untuk bayar mobil maka hanya sisa 3 juta. Apabila anda memiliki cicilan selain mobil, maka uang 3 juta tersebut akan berkurang dan tidak bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga. Sehingga anda harus melunasi cicilan lain sebelum memulai untuk menyicil mobil.

 

5. Jadikan Mobil Sebagai Barang Produktif

 

Jika anda sudah memutuskan untuk membeli cicilan mobil, maka ada baiknya untuk menggunakan mobil sebagai barang produktif. Artinya jangan sampai anda hanya membeli mobil untuk gaya hidup saja. Namun anda juga harus memanfaatkan mobil tersebut dengan maksimal misalnya investasi yang baik. Mobil DP 5 juta memang murah jika anda mempertimbangkan dengan matang kebutuhan harian anda.

 

Tujuan membeli mobil bisa beragam mulai dari gaya hidup, investasi, sebagai tempat jualan, atau membuka rental mobil. Namun sebelum anda membeli mobil, ada baiknya untuk mempertimbangkan seberapa besar kebutuhan anda. Jika anda memang benar membutuhkan mobil, maka usahakan untuk konsisten membayar cicilan setiap bulannya. Alangkah baiknya untuk menabung terlebih dahulu, agar tidak menyulitkan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *